BATASAN


 Yang perlu kamu tahu adalah Batasan Dimana kamu perlu berhenti , bukan karena kamu ingin , namun karena kamu harus .

Kau sangat tahu bagaimana aku , tapi kau masih saja seperti itu , bagimu aku adalah kesalah , dan bagiku kau adalah pengecualian

Kamu , Bersedihlah secukupnya , karena kamu tidak tahu mungkin ada hati yang sangat amat tersakiti karena kesedihanmu itu ,

Aku adalah kebahagiaan yang dirasa salah olehnya .

Senyuman itu masih sajalah engkau pemiliknya , tawa itu masih terdengar jelas. Itulah dirimu dengan segala kebahagiaan dan kekuatan .

Terlihat manis namun menyakiti . entah aku yang terlalu perasa , atau kamu yang tidak punya perasaan .

Bandung 09.12.17

Pada dasarnya hati manusia itu seperti apa ? aku bertanya pada diriku sendiri , karena apa? aku terkadang tidak mengerti hati manusia itu mudah sekali berubah . aku tahu betul bukan  semata mata menyalahkan . aku tahu perasaan semacam itu , perasaan bahwa hatimu tak sedang ingin di masuki siapapun , perasaan ketika hatimu bosan , perasaan ketika hatimu menginginkan yang lain , menginginkan satu lebih dari pada aku , dan saat kamu tidak dapat mendeskripsikan hatimu sendiri .



DATANG
Jika kamu datang dengan baik , maka pergi pun harus dengan cara yang baik , mengucapkan salam setidaknya , karena alasan takan mengubah rasa , kau akan tetap pada jalanmu untuk dia yang baru , lalu aku hanya akan tahu bahwa aku hanyalah pilihan ketika kamu mencari yang tepat .

"ku tanya manusia macam apa dia? dia yang kau pilih lebih baik dari padaku dalam menghadapimu?"

seharusnya kau tahu , apa aku pernah banyak meminta atau melarang? aku membebaskanmu karena aku bukan tipe orang yang suka melarang apa yang baik untukmu , apa yang ingin kau lakukan atau dengan siapa kau ingin bersenang senang ,  setidaknya kau tahu aku ini  , jika aku terlalu baik untukmu , mengapa kau tinggalkan? mengapa tidak kau coba untuk baik pula padaku?

aku menyerah pada perasaanku saat aku tahu jawaban dari aku dan kamu ini apa ? salahmu adalah terus menarikku ketika aku ingin pergi , salahmu adalah membuat aku terlalu banyak berdoa dalam harapan denganmu , bahagia , kamu tahu aku terlalu baik untuk kamu sakiti saat itu , jika kusuruh kamu tuliskan Dimana letak salahku hingga perlu kamu tinggalkan macam itu ? lalu jika itu ada , maka akan ku tarik sumpah serapahku di malam hari saat menangisi manusia macam kamu .



Waktu membawa aku jauh bersamanya dalam semua perasaaan senang ketika di pertemukan pada hal yang takan ku tahu , mengapa setiap detiknya terasa amat cepat untuk membuat aku jatuh cinta, dia terus datang dengan mendesak pada keadaan hatiku yang baru saja merasa hampa . Dia datang dengan kemenawan yang membuat aku jatuh hati , pada setiap waktu yang ia berikan , pada segala guyonan yang membuat aku tertawa , pada semua hal yang tidak pernah bisa aku menolaknya , saat ini aku merasa sedang jatuh cinta , jatuh di atas bunga yang sedang mekar dan indah di lihat , barangkali pertemuanlah yang membawaku jauh lebih menginginkannya . Karena jatuh hati padanya aku tidak terfikir akan terjadi sebelumnya sebab aku sedang sengsara sengsaranya dalam perasaan saat itu  , ada tahun yang mendesak untukku menyelesaikan satu perkara perasaan yang di sebut dengan bosan, dan selalu ada alasan untuk menjelaskannya  . Tahun  itu menjadikan aku yang begitu menyebalkan dan merasa terpuruk , aku baru sadar itu adalah tahun dimana aku sangat amat di buat jatuh cinta , dan aku memiliki banyak hal baik, kesenangan yang bahkan hingga saat ini pula  semua memori itu masih aku ingat dengan baik  .

Namun Kenangan itu takanku ceritakan untuk saat ini , sebab hati dan fikiranku sedang mendesak pada keadaan menawan yang terjadi pada 2016 .

Aku senang kau ada itu adalah kata yang selalu ingin aku ucapkan padanya , namun itu tak pernah ku sampaikan , mengapa ? Tentu saja karena aku malu .

Baik mau di ceritakan seperti apa lagi? pada dasarnya rasa ini memang semenawan yang menanti , seindah daun yang jatuh namun masih utuh . Seperti yang dirasakan saat ini . Bagiku perasaan macam ini teman terlampau mengerti untuk membawaku jauh dan ambigu pada diri sendiri .

Masa masa mengenalmu adalah masa menggelikan , seperti kau taukan bagaimana perutmu di gelitiki ribuaan kupu kupu dan sebahagia apa aku saat itu masih sangat teringat jelas , bahwa aku jatuh cinta dan itu sangatlah menghangantkan . Yaaa kamu adalah topik hangat dan menyengankan untukku ungkit , untuk aku bicarakan , mungkin pula aku terlampau pamer pada keadaan hingga Tuhan cemburu ?

Aku masih muda dan sangat amat jauh darimu. Namun Aku selalu Tahu bahwa itu bukanlah masalah dalam kehidupan .

Kukira kamu benar benar mengagumkan karena bertemu denganmu adalah hal yang tak ku inginkan, sungguh , bahkan aku tak tahu jika memang saat itu aku akan bertemu denganmu . dengan seorang yang tak ku sangka dapat menembus pertahananku . padahal kamu tahu dengan jelas bagaimana aku saat bertemu denganmu , keadaan hatiku yang masih di miliki seseorang . seseorang yang sangat amat ku sedihi kepergiannya . bagiku perpisahan saat itu amat menyakitkan bahkan pada saat itu bagaimana aku mencoba keluar dari jalur nyamanku untuk menenangkan segala perasaan . menyebalkan karena melupakan itu hal yang menyulitkan . Andaikan saja Dia semacam rumus matematika , yang dapat kulupakan dalam sehari , mungkin takkan segundah ini.

Lalu Kepadamu aku sangat berterimaksih karena menjadi lelaki yang begitu baik , senyum itu masih jelas ku ingat tawa itu. Kukatakan bahwa aku mengetahui bagaimana kamu , bahkan segala hal yang ada pada dirimu , kupastikan aku mengetehuinnya . Namun tidak dengan sikapmu yang tertutup . bahwa terlihat sangat jelas kamu tidak ingin katakan kepadaku bagaimana kehidupanmu , Ya kamu masih memberi jarak untuk aku dapat masuk ke dalam kehidupanmu , dan aku tidak pernah mempersalahkan hal itu , karena aku tahu waktu akan membawaku dengan sendirinya pada banyak hal yang akan aku ketahui , namun aku terlalu tidak mengerti akan itu , kamu tahu keluargaku dan itu bukan satu hal yang perlu aku tutupi darimu, mungkin saat itu kamu memang sudah tahu banyak hal tentang aku , namun entah sejauh apa dan Jika di perbolehkan , malam ini saat hujan aku hanya ingin memeluknnya dengan erat di atas motor sehabis pulang dari bioskop dan mau beli es campur duren  yang toh tak ku habiskan juga. Waktu benar benar membawaku pada banyak hal dengannya dalam perjalanan di banyak tempat yang selalu terasa cepat entah mengapa , padahal aku sih inginnya lama . Aku suka kamu ketika memegang tanganku untuk kamu buat aku memelukmu , atau membalas menggigit jariku , atau sekadar memainkannya , aaaah aku lupa , kamu kan tau aku suka semuannya , kecuali di bohongi , enggan ada manusia yang suka di bohongi . bahkan kamu tapi waktu tidak banyak memberikan hal baik untukku saat sendiri , dia hanya membuat aku mengingatmu dalam hal hal yang sudah terlewat , waktu hanya memenjarakan aku untuk hari hari penuh harapan ketika kamu tidak ada . Bagiku , saat itu adalah harapan  ketika aku dengan segala kenyamanan dan perasaan yang baru ada denganmu , harapan baru itu nyatanya sudah ku rancang , aku terlalu muda bagimu namun akupun memiliki mimpi dan harapan , bahkan ketika aku dan kamu sedang baik baiknya . Bagaimana harus ku jelaskan . kalaulah aku bahagia , sangat bahagia dan bahkan benar benar bahagia sebahagianya seperti seorang anak kecil yang menemukan permen kesukaannya. Dan kutuliskan ini , entah kamu mau membacannya atau tidak , aku mencintaimu , dengan segala hal buruk yang ada pada dirimu jika bisa ku ubah aku ingin mengubahnnya bagiku ketika aku mencintaimu , aku hanya mecoba melihat sisi baikmu , kamu ini luar bisa dalam tutur kata padaku , kamu ini selalu tahu bagaimana cara membuat aku merindu , berharap dalam doa kamu datang malam ini hanya untuk sekedar berbincang tak jelas dan segelas air mineral yang kamu teguk habis sebelum pulang  . Jangan lupa peluk aku seakan kamu takut kehilangan dan aku hanya berharap akan selalu seperti itu denganmu saja .

Aku selalu menunggu tempat mana lagi yang akan jadi kenangan untuk kelakku datangi sebagai pengingat , di sini aku denganmu berbicang dengan manis ditemani makanan yang tak pernah ku lahap hingga habis , di sini selalu tak bisa kutatap mata itu mengapa ? aku hanya tak berani lama lama . karena itu hanya dapat membuatku semakin gerogi jika melihatnya seperti keju kesukaanku memeleh begitu saja . Kamu harus percaya , ketika kamu mencintai seseorang dengan tulusnya untuk sekedar melihtanya lama kamu akan terasa jatuh cinta sendiri , tersenyum dalam segala perasaanmu terlebih karena aku bersyukur Tuhan mempertemukan aku denganmu . Kamu sering kali mengiakan apa mauku , seperti saat inginku pergi berenang , saat aku ingin menoton film , atau saat aku memintamu untuk ikut ke acara keluargaku , atau kamu yang mengantar aku pergi saat ada acara . Mungkin itu adalah hal yang setiap pasangan biasa mereka lakukan , namun aku dan kamu sebenarnya tidak banyak melakukan hal hal itu , aku yang sebenarnya sangat amat tidak mau merepotkanmu , meminta tolong hal hal kecil padamupun aku mungkin enggan atau sekedar menjemputku ketika aku sedang berada di luar , sungguh untuk seperti itu padamu , aku tidak memiliki banyak keberanian , aku selalu mencoba menjadi aku yang dapat melakukan segala halnya sendiri namun kebenarnya kadang kala aku membutuhkanmu dalam segala hal yang aku lakukan. Ke mana aku ingin pergi kadang kali kamulah yang sangat inginku ajak agar kebenaranya sangat romantis , seakan aku ingin menikah saja denganmu pemikirnkanku sangat sederhana tapi penuh dengan tanggung jawab , hujan yang membawa kita ke dalam kehangatan saat berteduh hingga kau memutuskan mengganti menggunakan mobil untuk mengantarku pulang , perjalanan terasa begitu sebentar padahal aku masih ingin denganmu . mendengarmu menyanyi walaupun kadang kala kamu salah menyayikan lirik lagunya I’m Not The only One -Sam Smith-” yang kamu nyayikan aku tersenyum melihatmu , lalu tawaku meledak saat kamu salah menyayikan lagu tatapanku kepadamu akan selalu sama takan sanggup menatap lama , karena denganmu kebenaran yang membuatku melemah seakan aku berfikir bagaimana jika esok kamu tidak lagi denganku , bagaimana jika esok kamu pergi dariku , dan nyatanya memang benar saja , apa yang aku takutkan apa yang selalu ku duga duga dalam fikiranku adalah apa yang menjadi benar kamu benarkan . Pada saat bulan april setelah kita pulang dari hotel selepas selesai acara keluargaku aku melihatmu yang sedikit gusar katamu kamu punya janji dengan teman temanmu aku percaya itu , dan sebelum kepulanganmu kita membahas satu hal yang begitu serius , seperti aku bertanya padamu perilah kebeneran aku dan kamu ini apa sebenarnya? kita terlalu asik dalam menjalani semuanya , hingga kata sayang kata rindu terucap tanpa kita tahu hak kita untuk itu . Perasaanku kecewa sangat saat mendengar jawaban yang kamu berikan  air mataku tumpah di hadapanmu tanpa bisa ku bendung dan kamu mengelus jemariku lembut menenangkan segala rasaku yang gundah , sendu sangat ku tahan agar tak mengelurkan suara isak tangis yang ku tutup dengan bantal sofa ruang tamu , kamu bilang terserah aku jika aku ingin memiliki hubungan dengan oranglainpun , dan kamu fikir apakah aku sejahat itu terhadapmu bahkan untuk melakukan hal itupun tak terfikir olehku , menduakan perasaan yang kuberi dengan tulus kepadamu , hingga akhirnya ku beranikan menatapmu ku lihat mata itu mata yang tak berani ku tatap menjatuhkan air mata yang membasahi pipi , aku tak kuasa untuk marah padamu kamu yang memilih untuk tidur di pangkuanku aku mengusap pundakmu , ku usap rambutmu , lalu ku beranikan menyetuh wajamu yang basah , ku tersentak , apakah kamupun sedih? aku minta maaf atas pertanyaanku kepadamu jika aku membutmu sedih . jawabanmu hanya karena debu kerena debu di kursi ruang tamuku , aku tahu kita tak pandai berbohong saat itu namun pada saat itu aku harus berterimakasih pada bulan April yang menjadikan kejujuran antara kita berdua seakan aku tahu untuk saat itu saja bahwa halnya kamu menyayangiku dan kamu tulus terhadapku , jikapun tidak dan ini salah maka birakanlah aku hanya ingin melihat kebaikan darimu . sudah selebihnya biarkan semua berjalan sesuai dengan seharusnya .



Semesta biacara tanpa suara seakan mengerti bahakan seperti buta aksara karena sepi itu terasa indah pada saat itu, bahkan membisu pun anugrah seperti hadirmu yang tepat mengisi hati yang kosong sangat meneduhkan mimpi , ingin rasanya membuat semesta bergulir yang tak kenal pada kalah seperti satu langkah menuju ke tempat lain yang harus dikenang untuk bertahan didalamnya atau pergi untuk menjadikannya museum kenangan indah dalam diri dan pikiranku. Berlari adalah pilihanku saat itu saat dimana saling mencintai tapi saling meninggalkan , hadirmu jujur dan tanpa bersandiwara yang harus segera ku akhiri ceritanya.

Satu yang menjadi tujuanku saat itu adalah memiliki kamu hatimu harimu juga masa depanmu, awan yang seakan menggulung menjadi hitam membuat pikiranku keruh , aku hati dan pikiranku pun akhirnya angkat kaki berterimakasih pernah menjadi cerita yang tak akan pernah sama jika aku lakukan dengan orang lain terimkasih sudah menjadi sunyi dalam jiwa yang sangat nyaman ku rasakan walaupun terasa sangat bahkan benar benar sakit sekali hanyut dalam cerita kehidupan yang hanya segelintir padamu itu aku benar benar bahagia

Komentar

Postingan Populer